KRITIK SASTRA "Cerpen Perampok" Karya M. Shoim Anwar



pada cerpen di atas menceritakan mengenai kisah seorang perampok yang mana ada seorang perampok yang tertangkap warga namun keluarganya tak terima bahwa anaknya adalah seorang perampok dan membela mati-matian. Dari cerpen di atas terlihat sekali bagaimana hukum tidak dijalankan dengan baik terhadap orang yang bersalah semua dapat di kalahkan dnegan adanya kekuasaan dari suatu pihak hal itu terlihat jelas pada cerpen di atas. pada cerpen ini juga banyak digunakan penggunaan bahasa personifikasi yang mana dapat menambah keindahan dalam pengemasan cerpen tersebut.
kekurangan dari cerpen di atas adalah latar tempat yang tidak dijelaskan dnegan detail selain penggambaran tokoh aku juga tidak dijelaskan dnegna jelas

Cerpen yang berjudul “Perampok” karya M. Shoim Anwar ini bercerita mengenai seorang perampok yang tengah tertangkap oleh warga desa sekitar dan tengah dihakimi oleh warga. Akan tetapi saat perampok ini tengah diserahkan di hadapan Pak Lurah setempat, ada suatu kejanggalan yang dirasa dicurigai oleh warga. Yakni ekspresi Pak Lurah dengan perampok tersebut serta perbincangan Pak Lurah dengan perampok tersebut yang tak dapat didengar oleh warga. Sehingga warga tidak dapat membuat si perampok ini jera akibat telah tertangkap. Hal yang mengejutkan yang terjadi pada isi cerpen tersebut adalah ternyata perampok yang selama ini meresahkan warga ternyata adalah anak Pak Lurah setempat.
Cerpen ini sangat menarik bagi para pembaca sebab dalam cerpen ini memuat nilai moral dimana cerpen ini memuat kritik bagaimana hukum saat ini dapat dibeli oleh kalangan orang-orang pejabat. Cerpen ini dapat menginspirasi dan mengajarkan bagaimana sikap bijak kita dalam mengahadapi dan memerangi masalah demikian di kehidupan nyata. Tidak sebaiknya hukum dapat dibeli oleh kalangan orang-orang tertentu sebab semua manusia memiliki Hak Asasi Manusia dan berhak mendapat perlindungan yang sama. Cerpen ini juga baik untuk dibaca sebab dapat memotivasi para pembaca untuk saling bersatu dan menegakkan hukum agar hukum dapat berjalan dengan sempurna.

Cerpen tersebut mengangkat cerita mengenai orang yang menguak kejahatan, namun kejahatan itu ditutupi oleh pihak yang melakukan kejahatan. Pengarang secara tidak langsung menyoroti kehidupan di Indonesia bahwa segala sesuatu bisa dituntaskan dengan uang. Yang bersalah akan menjadi benar dan yang benar akan menjadi salah.
Selain itu cerpen ini menarik untuk dibaca, dilihat dari penggunaan bahasanya yang indah, seperti bahasa yang biasanya digunakan dalam menciptakan puisi. Berikut penggalannya.
Perampok yang tertangkap dini hari tadi malam adalah anakmu. Tapi kau tetap saja bersikukuh bahwa semua keluargamu adalah keluarga baik-baik. Masih saja kau bersilat dengan lidahmu yang bercabang-cabang seperti cemara. Padahal kau tahu, aku adalah saksi dari perjalanan hidupmu; seperti sungai yang terjal, menyangkut konvoi bangkai dan kotoran dari hulu hingga muara. Bau busuk, amis, dan anyir tak lepas dari penciumanku sekarang kau mau berkelit apa lagi?
Bahasa tersebut banyak menggunakan kata-kata kiasan, tidak seperti bahasa cerpen umumnya yang selalu menggunakan bahasa sederhana atau bahasa sehari-hari. Hal yang menarik dari cerpen ini tidak hanya penggunaan bahasa saja, melainkan juga penggunaan kata ganti yang menggunakan “Kau”, kata ganti “Kau” seringkali ditemukan pada novel atau cerpen terjemahan, namun cerpen ini yang merupakan cerpen asli dari Indonesia menggunakan kata ganti “Kau” yang menarik untuk dibaca.

M. Shoim Anwar
PERAMPOK
Perampok yang tertangkap dini hari tadi malam adalah anakmu. Tapi kau tetap saja bersikukuh bahwa semua keluargamu adalah keluarga baik-baik. Masih saja kau bersilat dengan lidahmu yang bercabang-cabang seperti cemara. Padahal kau tahu, aku adalah saksi dari perjalanan hidupmu; seperti sungai yang terjal, menyangkut konvoi bangkai dan kototran dari hulu hingga muara. Bau busuk, amis, dan anyir tak lepas dari penciumanku sekarang kau mau berkelit apa lagi?
Perampok yang dihajar masa dini hari itu adalah anakmu. Aku tak perlu lagi pengakuan atau penolakanmu. Terlalu sederhana bila kata-katamu kau berondongkan seperti itu. Habiskanlah ludahmu, peraslah energimu, dan bila perlu keluarkan semua timbunan yang bersarang di otakmu. Aku tak akan goyah. Kesaksianku terlalu tegar untuk kau kelabui secara murahan.
Lihatlah tengkukmu sendiri. Kau tentu tak sanggup.itulah kehidupan. Betapa sulit menggerayangi kebobrokan diri sendiri. Kau masih saja berjalan dengan tegar, mengumbar senyum sepanjang jalan, bahkan masih tega mempertontonkan keculasan yang kronis.
“Semua adalah fitnah,” katamu. “Mereka sengaja ingin mendiskreditkan kami sekeluarga.”
“Kata-kata itu sudah klise,” aku menimpali.
“Kami bukanlah penyair. Kami tak sangguo merakit kata-kata indah. Ini kenyataan. Kami adalah korban fitnah. Dan itu lebih kejam dari pembunuhan. Jadi, kami punya hak untuk membela diri.”
“Apalah arti pembelaan jika saya sudah tahu semuanya.”
“apa yang kamu lihat bukanlah kenyataan.”
“Maksudnya?”
“Apiori.”
“Puih! Kata-kata apa lagi itu?”
“Menerima kebenaran memang tak mudah. Itu kata-katamu juga kan?”
“Jangan membalik-balik kenyataan!”
“Kata-kata itu berlaku untuk kamu juga.”
Prek!”
Siapa lagi yang tak tahu bahwa perampok sial dini hari tadi adalah anakmu. Bersama gerombolannya dia menggasak dolog. Gudang penyimpanan makanan rakyat itu diodol-odol, digembosi, serta  dikuras dengan berani. Mereka tak mau tahu bahwa dolog itu adalah pengisi perut rakyat. Mereka telah menggerogoti gelombang demi gelombang. Seperti milik bapaknya saja!
Kepuasan ternyata tak kunjung datang. Entah berapa banyak isi dolog itu dikuras. Penduduk yang tadinya tak berani melawan karena takut, lama-lama meledak juga nyali mereka. Dini hari itu kentongan di gardu desa ditabuh. Kentong titir menyentak keheningan malam. Penduduk terbangun. Teriakan menggema di mana-mana. Gerombolan itu dikejar beramai-ramai oleh warga desa. Meraka kabur tunggang langgang. Erombolan itu berpencar meloloskan diri. Akhirnya, tertangkaplah seorang. Dia adalah anakmu!
Kau masih mau mengelak lagi! Lelaki itu benar-benar anakmu. Perawakannya sedang. Rambutnya pendek. Keningnya agak lebar. Berkumis. Bibir atasnya agak runcing. Sipit matanya. Seperti kamu. Dan aku telah mengenal namanya.
“Bunuh dia!” teriak salah satu warga desa. Mereka menghajar lelaki itu secara membabi buta.
“Gantung!”
“Hancurkan!”
“Jangan! Kita harus menangkap dia secara hidup-hidup, biar bisa mengorek informasi lebih lanjut!”
Lelaki yang sudah babak belur itu diseret ke depan balai desa. Di bawah lampu yang terang, aku mengamatinya dengan teliti. Percikan-percikan darah terlihat masih basah. Pakaiannya robek dari leher sampai pangkal punggung. Dia merintih-rintih minta ampun. Menggelepar-gelepar di tanah kering seperti cacing kepanasan.
“Kau sudah kaya raya masih juga merampok!” aku menghardiknya.
“Ampun…ampun…”
“Mulut bisa minta ampun! Tapi nafsu hatimu sekeras batu. Jika kau dibebaskan, pasti kau akan merampok lagi!”
Dini hari itu warga desa membangunkan Pak Lurah. Sang perampok dibawa ke hadapannya. Pak Lurah terkejut. Ada ekspresi heran. Pak Lurah tidak menampakkan wajah seram seperti biasanya.
“Kamu?” suara Pak Lurah lirih.
Perampok itu menatap wajah Pak Lurah dengan sorot mata ebrbinar. Sepertinya dia memendam harapan. Beberapa saat, tak ada kata-kata. Pak Lurah lantas mendesah panjang.
“Sekarang kalian pulang ke rumah masing-masing. Biarlah perampok ini di sini.” Kata Pak Lurah pada warga desa.
“Nanti dia kabur, Pak,” seorang warga menyahut.
“Percayalah.”
“Kami akan tetap di sini, Pak Lurah. Kami tak ingin perampok ini lepas.”
“Kan ada petugas hansip?”
Pak Lurah terlihat berbicara dengan sang perampok, tapi tak terlalu jelas bagi kami. Beberapa saat setelah itu, datanglah mobil patroli. Setelah terlibat pembicaraan dengan Pak Lurah, para polisi itu segera membawa perampok keluar dari desa kami. Entah ke mana.
“Kita serahkan urusannya pada pihak yang berwajib. Sekarang pulanglah kalian semua.”
Ya, perampok yang dibawa oleh polisi itu adalah anakmu. Aku melihat pada lengan kanannya ada bekas bacokan memanjang. Yang namanya bangkai pasti akan berbau jua. Lewatlah di jalan-jalan, pasti semua orang akan nyinyir memandangmu.
Tiba-tiba aku tersentak. Tengan malam yang pekat, kaca rumahku dihantam dari luar. Tiga kali, kaca pintu dan jendela pecah berantakan. Aku cepat-cepat keluar. Begitu pintu terkuak, sebuah pukulan sekonyong-konyong menancap di pipiku, lantas disusul lagi dengan pukulan-pukulan berikutnya secara beruntun. Beberapa orang serentak mengeroyok aku. Aku menjadi oleng. Seperti ada pula benda keras yang dihantam ke tubuhku. Dan ketika beberapa tendangan mendarat di perut, aku pun roboh. Dalam waktu yang bersamaan aku mendengar ada bunyi sepeda motor meraung-raung. Mereka kemudian kabur dengan cepat.
Ini pasti ulah busuk anakmu. Sebab du ahari setelah itu orang-orang kampung banyak yang melihat bahwa anakmu pulang ke rumah pada malam hari. Dia telah dibebaskan. Beberapa saja yang kaubayarkan sehingga pengadilan pun tercampak ke keranjang sampah.
Beberapa hari setelah itu, aku dipanggil ke kantor polisi. Aku diinterogasi dan dituduhi telah mencemarkan nama baik seseorang. Polisi telah mencecarku dengan segebok pertanyaan. Ternyata yang melaporkan akau adalah kamu! Bangsat!
Kalau toh aku dipenjara karena persekongkolanmu dengan pihak-pihak terkait, biarlah. Toh semua orang sudah tahu. Perampok yang tertangkap dini hari itu adalah anakmu!

Surabaya, 27 Juli 1999

Kritik Cerpen Perampok karya M. Shoim Anwar
            Setelah kalian membaca cerita tersebut secara tuntas, mari bersama kita mengulas kembali secara singkat isi  dari cerpen Perampok karya M. Shoin Anwar ini. Cerpen ini sangat menarik bagi para pembaca sebab dalam cerpen ini banyak memuat nilai-nilai moral. cerpen di atas menceritakan mengenai kisah seorang perampok yang tertangkap warga namun keluarganya tak terima bahwa anaknya adalah seorang perampok dan membela dirinya dengan berbagai alasan. Pengarang secara tidak langsung menampilkan sisi lain kehidupan di Indonesia bahwa segala sesuatu dapat dituntaskan dengan uang dan kejahatan. Keunggulan cerpen ini dari segi amanat pesan yang disampaikan yaitu dapat menginspirasi dan mengajarkan bagaimana sikap bijak kita dalam mengahadapi masalah, terutama masalah perekonomian. Adapun penggunaan gaya bahasa yang terdapat pada pada cerpen ini lebih banyak dijumpai penggunaan personifikasi yang dapat menambah keindahan dalam cerpen tersebut. Kekurangan dari cerpen Perampok dari M. Shoim Anwar yakni, jika dilihat dari unsur intrinsik, mengenai latar tempat, dan waktu yang tidak dijelaskan secara mendetail, selain itu penggambaran tokoh Aku juga tidak dijelaskan dengan gamblang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK dan ESAI SASTRA "Kumpulan 7 Puisi M.Shoim Anwar"

Wanita versi D'Masiv singel lagu "Natural" dalam Album Persiapan

KRITIK SASTRA "Cerpen Kakek" Karya M. Shoim Anwar