KRITIK SASTRA "Cerpen Perampok" Karya M. Shoim Anwar
pada cerpen di atas menceritakan mengenai kisah seorang perampok yang mana
ada seorang perampok yang tertangkap warga namun keluarganya tak terima bahwa
anaknya adalah seorang perampok dan membela mati-matian. Dari cerpen di atas
terlihat sekali bagaimana hukum tidak dijalankan dengan baik terhadap orang
yang bersalah semua dapat di kalahkan dnegan adanya kekuasaan dari suatu pihak
hal itu terlihat jelas pada cerpen di atas. pada cerpen ini juga banyak
digunakan penggunaan bahasa personifikasi yang mana dapat menambah keindahan
dalam pengemasan cerpen tersebut.
kekurangan dari cerpen di atas adalah latar tempat yang tidak dijelaskan
dnegan detail selain penggambaran tokoh aku juga tidak dijelaskan dnegna jelas
Cerpen yang berjudul “Perampok” karya M. Shoim Anwar ini bercerita mengenai
seorang perampok yang tengah tertangkap oleh warga desa sekitar dan tengah
dihakimi oleh warga. Akan tetapi saat perampok ini tengah diserahkan di hadapan
Pak Lurah setempat, ada suatu kejanggalan yang dirasa dicurigai oleh warga.
Yakni ekspresi Pak Lurah dengan perampok tersebut serta perbincangan Pak Lurah
dengan perampok tersebut yang tak dapat didengar oleh warga. Sehingga warga
tidak dapat membuat si perampok ini jera akibat telah tertangkap. Hal yang
mengejutkan yang terjadi pada isi cerpen tersebut adalah ternyata perampok yang
selama ini meresahkan warga ternyata adalah anak Pak Lurah setempat.
Cerpen ini sangat menarik bagi para pembaca sebab dalam cerpen ini memuat
nilai moral dimana cerpen ini memuat kritik bagaimana hukum saat ini dapat
dibeli oleh kalangan orang-orang pejabat. Cerpen ini dapat menginspirasi dan
mengajarkan bagaimana sikap bijak kita dalam mengahadapi dan memerangi masalah
demikian di kehidupan nyata. Tidak sebaiknya hukum dapat dibeli oleh kalangan
orang-orang tertentu sebab semua manusia memiliki Hak Asasi Manusia dan berhak
mendapat perlindungan yang sama. Cerpen ini juga baik untuk dibaca sebab dapat
memotivasi para pembaca untuk saling bersatu dan menegakkan hukum agar hukum
dapat berjalan dengan sempurna.
Cerpen tersebut mengangkat cerita
mengenai orang yang menguak kejahatan, namun kejahatan itu ditutupi oleh pihak
yang melakukan kejahatan. Pengarang secara tidak langsung menyoroti kehidupan
di Indonesia bahwa segala sesuatu bisa dituntaskan dengan uang. Yang bersalah
akan menjadi benar dan yang benar akan menjadi salah.
Selain itu cerpen ini menarik untuk
dibaca, dilihat dari penggunaan bahasanya yang indah, seperti bahasa yang
biasanya digunakan dalam menciptakan puisi. Berikut penggalannya.
Perampok yang tertangkap dini hari tadi malam adalah
anakmu. Tapi kau tetap saja bersikukuh bahwa semua keluargamu adalah keluarga
baik-baik. Masih saja kau bersilat dengan lidahmu yang bercabang-cabang seperti
cemara. Padahal kau tahu, aku adalah saksi dari perjalanan hidupmu; seperti
sungai yang terjal, menyangkut konvoi bangkai dan kotoran dari hulu hingga
muara. Bau busuk, amis, dan anyir tak lepas dari penciumanku sekarang kau mau
berkelit apa lagi?
Bahasa tersebut banyak menggunakan
kata-kata kiasan, tidak seperti bahasa cerpen umumnya yang selalu menggunakan
bahasa sederhana atau bahasa sehari-hari. Hal yang menarik dari cerpen ini
tidak hanya penggunaan bahasa saja, melainkan juga penggunaan kata ganti yang menggunakan
“Kau”, kata ganti “Kau” seringkali ditemukan pada novel atau cerpen terjemahan,
namun cerpen ini yang merupakan cerpen asli dari Indonesia menggunakan kata
ganti “Kau” yang menarik untuk dibaca.
M.
Shoim Anwar
PERAMPOK
Perampok yang tertangkap dini hari tadi malam adalah
anakmu. Tapi kau tetap saja bersikukuh bahwa semua keluargamu adalah keluarga
baik-baik. Masih saja kau bersilat dengan lidahmu yang bercabang-cabang seperti
cemara. Padahal kau tahu, aku adalah saksi dari perjalanan hidupmu; seperti
sungai yang terjal, menyangkut konvoi bangkai dan kototran dari hulu hingga
muara. Bau busuk, amis, dan anyir tak lepas dari penciumanku sekarang kau mau
berkelit apa lagi?
Perampok yang dihajar masa dini hari itu adalah
anakmu. Aku tak perlu lagi pengakuan atau penolakanmu. Terlalu sederhana bila
kata-katamu kau berondongkan seperti itu. Habiskanlah ludahmu, peraslah
energimu, dan bila perlu keluarkan semua timbunan yang bersarang di otakmu. Aku
tak akan goyah. Kesaksianku terlalu tegar untuk kau kelabui secara murahan.
Lihatlah tengkukmu sendiri. Kau tentu tak
sanggup.itulah kehidupan. Betapa sulit menggerayangi kebobrokan diri sendiri.
Kau masih saja berjalan dengan tegar, mengumbar senyum sepanjang jalan, bahkan
masih tega mempertontonkan keculasan yang kronis.
“Semua adalah fitnah,” katamu. “Mereka sengaja ingin
mendiskreditkan kami sekeluarga.”
“Kata-kata itu sudah klise,” aku menimpali.
“Kami bukanlah penyair. Kami tak sangguo merakit
kata-kata indah. Ini kenyataan. Kami adalah korban fitnah. Dan itu lebih kejam
dari pembunuhan. Jadi, kami punya hak untuk membela diri.”
“Apalah arti pembelaan jika saya sudah tahu semuanya.”
“apa yang kamu lihat bukanlah kenyataan.”
“Maksudnya?”
“Apiori.”
“Puih! Kata-kata apa lagi itu?”
“Menerima kebenaran memang tak mudah. Itu kata-katamu
juga kan?”
“Jangan membalik-balik kenyataan!”
“Kata-kata itu berlaku untuk kamu juga.”
“Prek!”
Siapa lagi yang tak tahu bahwa perampok sial dini hari
tadi adalah anakmu. Bersama gerombolannya dia menggasak dolog. Gudang
penyimpanan makanan rakyat itu diodol-odol, digembosi, serta dikuras dengan berani. Mereka tak mau tahu
bahwa dolog itu adalah pengisi perut rakyat. Mereka telah menggerogoti gelombang
demi gelombang. Seperti milik bapaknya saja!
Kepuasan ternyata tak kunjung datang. Entah berapa
banyak isi dolog itu dikuras. Penduduk yang tadinya tak berani melawan karena
takut, lama-lama meledak juga nyali mereka. Dini hari itu kentongan di gardu
desa ditabuh. Kentong titir menyentak keheningan malam. Penduduk terbangun. Teriakan
menggema di mana-mana. Gerombolan itu dikejar beramai-ramai oleh warga desa.
Meraka kabur tunggang langgang. Erombolan itu berpencar meloloskan diri.
Akhirnya, tertangkaplah seorang. Dia adalah anakmu!
Kau masih mau mengelak lagi! Lelaki itu benar-benar
anakmu. Perawakannya sedang. Rambutnya pendek. Keningnya agak lebar. Berkumis.
Bibir atasnya agak runcing. Sipit matanya. Seperti kamu. Dan aku telah mengenal
namanya.
“Bunuh dia!” teriak salah satu warga desa. Mereka
menghajar lelaki itu secara membabi buta.
“Gantung!”
“Hancurkan!”
“Jangan! Kita harus menangkap dia secara hidup-hidup,
biar bisa mengorek informasi lebih lanjut!”
Lelaki yang sudah babak belur itu diseret ke depan
balai desa. Di bawah lampu yang terang, aku mengamatinya dengan teliti.
Percikan-percikan darah terlihat masih basah. Pakaiannya robek dari leher
sampai pangkal punggung. Dia merintih-rintih minta ampun. Menggelepar-gelepar
di tanah kering seperti cacing kepanasan.
“Kau sudah kaya raya masih juga merampok!” aku
menghardiknya.
“Ampun…ampun…”
“Mulut bisa minta ampun! Tapi nafsu hatimu sekeras
batu. Jika kau dibebaskan, pasti kau akan merampok lagi!”
Dini hari itu warga desa membangunkan Pak Lurah. Sang
perampok dibawa ke hadapannya. Pak Lurah terkejut. Ada ekspresi heran. Pak
Lurah tidak menampakkan wajah seram seperti biasanya.
“Kamu?” suara Pak Lurah lirih.
Perampok itu menatap wajah Pak Lurah dengan sorot mata
ebrbinar. Sepertinya dia memendam harapan. Beberapa saat, tak ada kata-kata.
Pak Lurah lantas mendesah panjang.
“Sekarang kalian pulang ke rumah masing-masing.
Biarlah perampok ini di sini.” Kata Pak Lurah pada warga desa.
“Nanti dia kabur, Pak,” seorang warga menyahut.
“Percayalah.”
“Kami akan tetap di sini, Pak Lurah. Kami tak ingin perampok
ini lepas.”
“Kan ada petugas hansip?”
Pak Lurah terlihat berbicara dengan sang perampok,
tapi tak terlalu jelas bagi kami. Beberapa saat setelah itu, datanglah mobil
patroli. Setelah terlibat pembicaraan dengan Pak Lurah, para polisi itu segera
membawa perampok keluar dari desa kami. Entah ke mana.
“Kita serahkan urusannya pada pihak yang berwajib.
Sekarang pulanglah kalian semua.”
Ya, perampok yang dibawa oleh polisi itu adalah
anakmu. Aku melihat pada lengan kanannya ada bekas bacokan memanjang. Yang
namanya bangkai pasti akan berbau jua. Lewatlah di jalan-jalan, pasti semua
orang akan nyinyir memandangmu.
Tiba-tiba aku tersentak. Tengan malam yang pekat, kaca
rumahku dihantam dari luar. Tiga kali, kaca pintu dan jendela pecah berantakan.
Aku cepat-cepat keluar. Begitu pintu terkuak, sebuah pukulan sekonyong-konyong
menancap di pipiku, lantas disusul lagi dengan pukulan-pukulan berikutnya
secara beruntun. Beberapa orang serentak mengeroyok aku. Aku menjadi oleng.
Seperti ada pula benda keras yang dihantam ke tubuhku. Dan ketika beberapa
tendangan mendarat di perut, aku pun roboh. Dalam waktu yang bersamaan aku
mendengar ada bunyi sepeda motor meraung-raung. Mereka kemudian kabur dengan
cepat.
Ini pasti ulah busuk anakmu. Sebab du ahari setelah
itu orang-orang kampung banyak yang melihat bahwa anakmu pulang ke rumah pada
malam hari. Dia telah dibebaskan. Beberapa saja yang kaubayarkan sehingga
pengadilan pun tercampak ke keranjang sampah.
Beberapa hari setelah itu, aku dipanggil ke kantor polisi.
Aku diinterogasi dan dituduhi telah mencemarkan nama baik seseorang. Polisi
telah mencecarku dengan segebok pertanyaan. Ternyata yang melaporkan akau
adalah kamu! Bangsat!
Kalau toh aku dipenjara karena persekongkolanmu dengan
pihak-pihak terkait, biarlah. Toh semua orang sudah tahu. Perampok yang
tertangkap dini hari itu adalah anakmu!
Surabaya, 27 Juli 1999
Kritik Cerpen Perampok
karya M. Shoim Anwar
Setelah
kalian membaca cerita tersebut secara tuntas, mari bersama kita mengulas
kembali secara singkat isi dari cerpen Perampok
karya M. Shoin Anwar ini. Cerpen ini sangat menarik bagi para pembaca sebab dalam cerpen ini banyak memuat nilai-nilai moral. cerpen di atas menceritakan mengenai kisah seorang perampok yang tertangkap
warga namun keluarganya tak terima bahwa anaknya adalah seorang perampok dan
membela dirinya dengan berbagai alasan. Pengarang secara tidak langsung menampilkan
sisi lain kehidupan di Indonesia bahwa segala sesuatu dapat dituntaskan dengan
uang dan kejahatan. Keunggulan cerpen ini dari segi amanat pesan yang disampaikan yaitu dapat menginspirasi dan mengajarkan bagaimana sikap bijak
kita dalam mengahadapi masalah, terutama masalah perekonomian. Adapun penggunaan gaya bahasa yang
terdapat pada pada cerpen ini lebih banyak dijumpai penggunaan personifikasi
yang dapat menambah keindahan dalam cerpen tersebut. Kekurangan dari cerpen
Perampok dari M. Shoim Anwar yakni, jika dilihat dari unsur intrinsik, mengenai
latar tempat, dan waktu yang tidak dijelaskan secara mendetail, selain itu penggambaran
tokoh Aku juga tidak dijelaskan dengan gamblang.
Komentar
Posting Komentar